paket wisata karimunjawa berpengalaman
Experience
kontak paket wisata karimunjawa
Fast Response
servis paket wisata karimunjawa
Aman & Terpercay
    

Pulau Karimunjawa yang Terus Mempesona

Pulau Karimunjawa yang  Mempesona


pulau karimunjawa
Pulau karimunjawa - Air laut yang bersih, indahnya pasir putih, banyaknya terumbu karang dan gugusan pulau-pulau eksotis disuguhkan menjadi satu di Pulau Karimunjawa. Rute untuk mencapai pulau ini juga mudah dicapai. Begini caranya! Kami dari Kebumen, Jawa Tengah. Ada dua rute ke Karimunjawa yaitu rute Semarang dan Jepara. Kebetulan ada keluarga di Jepara, jadi perjalanan menggunakan rute Jepara.

Hari Kamis pukul 07.00 WIB sampai di dermaga Pantai Kartini Jepara. Transportasi ke dermaga lumayan rumit, jadi pandai-pandailah dalam memilihnya. Ada yang menggunakan becak atau carter angkutan umum dari rute turun bus AKDP.

Harga relatif Rp 10.000-Rp 15.000 per kepala, masih terbilang wajar, karena jika tidak membawa kendaraan pribadi maka alternatif tersebut yang menjadi satu-satunya pilihan. Di dermaga fasilitas airnya asin, jadi kalau mau ibadah, buang air tahu sendiri lah bagaimana persiapannya

Bila Anda adalah backpacker seperti kami, datanglah awal ke dermaga. Dijamin jika datang siang, tiket menuju Karimunjawa ludes alias menunggu sampai esok hari, jika jadwal kapalnya ada. Beruntung kami mendapat tiket express Cantika dengan kapasitas 263 seat dan menempuh 2 jam perjalanan ke pulau.

Bisa juga dengan tiket reguler Muria yang menempuh 6-7 jam perjalanan, bagi yang ingin membawa kendaraan pribadi sepeda motor. Harga tiket untuk express Rp 90.000 per kepala (maksimal Rp 200 ribu), reguler Rp 30.000 per kepala (maksimal Rp 50 ribu). Jangan lupa pesan tiket untuk pulangnya!

Berangkat pukul 09.00 WIB sampai di pulau pukul 11.00 WIB, karena tertidur saya tidak sempat menikmati selama perjalanan, tahu-tahu dibangunkan istri. Sampai di dermaga Karimun, suasana takjub sudah terlihat, baru dermaganya sudah takjub, apalagi pantainya.

Mencari tempat istirahat merupakan suatu tantangan, bagi yang belum terbiasa akan canggung. Di sana banyak guide yang menawarkan jasa penginapan homestay, bicaralah ramah sedikit, maka Anda mendapatkan informasi homestay. Menuju kawasan homestay bisa dengan jalan kaki atau diantar.

Biaya Rp 30.000 perkepala memakai mobil. Banyak varian homestay, mulai dari harga Rp 20.000 permalam perkepala sampai Rp 50.000 permalam perkepala. Fasilitas kamar mandi dalam/luar. Makan bisa pesan di homestay atau kulineran.

Kami lebih memilih pesan di homestay karena untuk pagi hari Anda akan susah mencari sarapan. Kalau malam hari okelah bisa kulineran.

Hari pertama sampai adalah tidur, mengobrol dengan pemilik homestay, ternyata ada sewa motor Rp 75.000 perhari. Sore dimanfaatkan untuk keliling pulau. Legon Lele adalah target kami. Pantainya tenang, super sepi dan bebas mau pose shoot di kamera Anda.

Letaknya di bibir Pulau Karimunjawa sebelah barat. Target kedua adalah Ujung Gelam, maknyus! Pantainya tenang, otak langsung fresh. Sekalian lihat sunset.

Hari kedua adalah snorkeling, berdasarkan info guide kami mendapat rekomendasi untuk nimbrung dengan kapal tour. Terjangkau ternyata, Anda bisa nego sendiri dengan guide dadakan Anda. Snorkeling kami untuk wilayah timur, jangan bawa roti. Snorkeling mulai pukul 08.00-17.30 WIB.

Pulau Tengah, merupakan spot snorkeling pertama. Puas-puaskan saran kami di sini. Puas dalam berpose untuk diambil foto oleh guide. Pakai roti untuk memancing ikan agar mendekat.

Pulau Cilik, saatnya bakar ikan dan makan siang. Sambil menunggu ikan matang, berkelilinglah. Berenang di pinggir sangat mengasikkan. Begitu capek, langsung dihajar gurihnya ikan kakatua dan kakap merah. Jangan lupa kumpulkan sampah plastik, save the land!

Gosong Karang Timur, spot snorkeling kedua. Agendakanlah Anda bersama ikan nemo. Dijamin kulit Anda akan gosong pula. Pulau Menjangan Besar, saatnya berenang dengan ikan hiu dan penyu. Pulau ini adalah lokasi terakhir bagian timur, ada fasilitas watersportnya juga. Biaya terpisah untuk watersport.

Malamnya kami istirahat total. Keesokannya di hajar lagi snorkeling di wilayah barat pada pukul 08.00-17.30 WIB. Mulai dari Pulau Menjangan kecil, spot pertama snorkeling. Hati-hati terumbu karang di sini dekat dengan permukaan air, jadi hindari menginjak terumbu. 1 Cm membutuhkan 1 tahun lamanya agar bisa tumbuh.

Pulau Cemara kecil, bakar ikan dan makan siang. Berikutnya Gosong Karang Barat, ikannya banyak. Pakai roti agar ikan mendekat. Agar awet, genggam roti di tangan. Biar ikan-ikan penasaran memakan roti Anda.

Pulau Menjangan Besar dan Tanjung Gelam adalah spot sunset. Sampai di homestay, benar-benar kelelahan dan berubah warna kulit. Istirahat sebentar dilanjut kulineran. Bakso ekor kuning dan pindangnya benar-benar maknyus. Lanjut hunting suvenir. Harga terjangkau dan bisa dinego untuk partai besar.

Hari keempat, Minggu pagi. Kami sarapan pagi, di dermaga sudah menanti kapal yang sama waktu berangkat. Kali ini saya menikmati perjalanan pulang di kapal. Gantian saya yang bangunkan istri malah. Sampai dermaga Pantai Kartini pukul 11.00 WIB. Berakhirlah perjalanan kami di Pulau Karimunjawa. Salam lestari dan lindungilah alam kita. Tour Karimunjawa island, Biro and Travel karimunjawa, Paket Wisata karimunjawa